HASIL DARI PENDIDIKAN
Tugas utama penyelenggaraan pendidikan adalah menciptakan dan melaksanakan sistem yang produktif. Ini artinya ia harus mengerahkan kekuatannya untuk mencapai tujuan dari sistem sebisa mungkin.
Sistem adalah serangkaian kegiatan yang saling berhubungan. Sistem buatan manusia direncanakan untuk mencapai tujuan atau serangkaian tujuan. Sistem pendidikan terdiri dari komponen-komponen yang saling berhubungan yaitu manusia, bangunan, buku-buku dan peralatan dan dikonstruksi untuk memberikan perubahan yang diinginkan pada sikap klien. Sistem yang paling sering digunakan adalah sistem terbuka. Sistem terbuka mendapat dukungan dari lingkungan dan memberikan hasil yang berguna bagi sekitarnya. Ada beberapa sistem yang kompleks dimana sistem itu dapat dipelajari melalui analisa input-output. Analisa input-output sangat dibutuhkan pada sistem sosial yang disebut organisasi. Sebagai contoh output yang diterima oleh pekerja berupa finansial, sedangkan pada sekolah output berupa kemampuan siswa untuk menikmati dan menghargai hidup. Sebuah organisasi yang produktif adalah merupakan salah satu yang menggunakan keseimbangan menguntungkan dari output ke input. Hubungan matematis antara input dan output dapat dinyatakan sebagai penerimaan yang disebut fungsi hasil.
Ada 3 tujuan konsep fungsi hasil :
- Mempertahankan rasio murid, kelas, buku, dan guru dan memberikan perhatian pada metode lain dalam mengalokasikan sumber daya.
- Sebagai dasar matematis dalam membuat keputusan
- Sebagai dasar konseptual dalam praktik anggaran, yang sangat berguna bagi program anggaran
Fungsi Hasil
Fungsi hasil dibedakan berdasarkan cara input dan output didefinisikan, dan disebut berdasarkan pemakai yaitu penyelenggara administrasi, psikologi, dan pakar ekonomi.
- Fungsi hasil penyelenggara administrasi (PF1)
Analisa berdasarkan fungsi hasil ini tidak menyatakan perhitungan matematis atau statistik. Perhitungan biaya yang diberikan adalah prosedur akuntansi. Jadi semua keputusan berdasar pada biaya yang disediakan, data biaya berhubungan dengan data lain, termasuk timbal balik dari ouput.
- Fungsi Hasil Psikolog (PF2)
Metodologi dasar pada fungsi hasil ini adalah analisa statistik yang bervariasi. Kesulitan utama pada analisa ini adalah mengidentifikasi desain dari Kershaw dan Mc. Kean, yaitu :
Pengaruh sekolah dan lingkungan pada pembelajaran
Problem utama dan analisa sistem adalah menentukan sifat interaksi antara pengaruh pada prestasi sekolah dan latar belakang anak.
Ada 3 model untuk menganalisis masalah yaitu :
1. model tambahan. Menurut model ini pengaruh lingkungan dan sekolah terpisah tapi ditambahkan. Tantangan model ini adalah memisahkan sekolah dari pengaruh masyarakat.
2. model sistem terbuka. Model ini lebih realistis menganggap lingkungan sebagai pengaruh sifat dari input sistem sekolah.
3. model interaktif. Model ini memperkenalkan interaksi antara sekolah, rumah dan masyarakat dan hubungan antara interaksi ini dengan kualitas output.
- Fungsi Hasil Ahli Ekonomi (PF3)
Ahli ekonomi melihat pendidikan sebagai kontribusi individu dengan kemampuan ekonomi. Pada fungsi hasil ini, output merupakan penghasilan tambahan yang dihasilkan dari tambahan pendidikan di sekolah dimana input dibandingkan dengan biaya tambahan itu.
Prosedur yang digunakan dalam menganalisa biaya dan keuntungan yaitu :
- Analisa nilai
Biaya dan keuntungan dari pendidikan, keduanya diadakan selama periode setahun. Keuntungan yang didapat adalah hasil dari tambahan kegiatan sekolah yang mereka terima. Analisa nilai saat ini terdiri dari penggunaan bunga yang berlipat ganda dan melipatgandakan prosedur diskon untuk meredam arus biaya dan arus pendapatan pada nilai yang diberikan pada tahun dasar.
- Analisa kembalinya modal
Kembalinya modal dalam investasi didefinisikan sebagaimana tarif yang disamakan dengan nilai investasi saat ini menjadi nol.
0 komentar:
Posting Komentar