rss

Selasa, 01 November 2011

tujuan pendidikan dalam kehidupan

Paolo Freire adalah seorang Filsuf pendidikan yang terkenal. Di dalam bukunya “PendidikanKaum Tertindas”, menyiratkan bahwa tujuan utama pendidikan adalah memanusiakan manusia. Pendidikan sejatinya ialah membuat manusia mengerti makna hidup.

Kita hidup didunia ini bukan untuk diri kita sendiri, namun kita hidup juga untuk orang lain.Pendidikan tercipta agar kita bisa mengerti keadaan sekitar kita dan mempedulikannya. Hal ini berarti bahwa pendidikan mengamanatkan kepada peserta didiknya (kita semua) untuk melakukan perubahan kearah yang lebih baik demi kesejahteraan kita bersama. 
Dalam Undang-Undang Dasar 1945 dijelaskan bahwa tujuan pendidikan nasional adalah “mencerdaskan kehidupan berbangsa”. Hal itu menjadi tanggung jawab negara. Pemerintah tidak boleh bersikap acuh tak acuh terhadap orang yang tidak mampu bersekolah karena hal itu dapat menyebabkan pemiskinan intelektualitas terhadap semua anak bangsa.
Sangat disayang dalam realitanya masih banyak anak yang tidak dapat mengenyam duniapendidikan. Dari data Komisi Perlindungan Anak KPA menunjukkan ada sekitar 11,7 juta anak yang putus sekolah di tahun 2007. Angka ini kemungkinan besar makin bertambah di tahun selanjutnya.

0 komentar:


Poskan Komentar

About This Blog

Lorem Ipsum

Lorem Ipsum

Lorem

Diberdayakan oleh Blogger.
div align="center">quality statistics
Promotional Deals

Tutorial Komputer

Link Sahabat

 

Followers

Follow Me